Menyambut Ramadhan


Ramadhan akan segera tiba, bulan suci ini menyimpan banyak manfaat bagi hamba yang taat dalam memenuhi perintah Alloh SWT.

Puasa di bulan ramadhan meru­pakan ibadah yang dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu, sebagai­mana disabdakan oleh Nabi:

“Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi SAW bersabda:  Barang­siapa yang berpua­sa pada bulan Ra­madan dengan iman dan mengha­rap ridha Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dosa adalah ko­toran yang ada pada hati, yang akhimya mempergelap per­jalanan menuju Allah SWT. Di bulan suci Ramadan Allah SWT memberi kesempatan ke­pada kita untuk membersihkan hati melalui berbagai macam ibadah, khususnya ibadah puasa.

Ramadan, yang berarti panas, dikandung maksud agar dengan berpuasa pada bulan Ramadan kita dapat membakar dosa-dosa kita. Kalau kita akan membersihkan kotoran yang ada pada baju atau pada benda lain, misalnya, tentu ada berbagai cara. Ada kotoran yang bisa dibersihkan dengan cukup disiram air saja, dicuci menggunakan sabun, ada yang harus memakai alat pemutih, bahkan ada juga kotoran yang tidak bisa dihilangkan kecuali dengan cara dibakar.

Pande besi, misalnya, ketika akan membuat senjata tajam dari besi, maka besi itu harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibakar. Pembakaran ini dimaksudkan untuk membersihkan dari kotoran yang berupa karat. Setelah besi itu bersih, barulah bisa dibentuk. Semua itu bisa terjadi ketika besi itu telah dibakar, dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel padanya.

Dosa manusia, juga me­miliki berbagai cara untuk bisa di­hilangkan. Ada dosa yang bisa hilang dengan cara melaksanakan wudlu, sebagai­mana hadis Ra­sulullah SAW ten­tang fadhilah wudlu. Ada dosa yang ter­hapus karena iba­dah shalat. Ada juga do­sa yang terampuni ketika kita melaksanakan ibadah puasa.

Ramadan, selain bulan yang penuh rahmat, juga bulan yang penuh maghfirah atau ampunan. Oleh karenanya sungguh merugi jika melewatkan Ramadan begitu saja tanpa diisi ibadah dan amalan-amalan yang baik, serta permohonan ampun kepada Allah SWT guna mem­bersihkan diri dari kotoran dan noda menuju kebersihan dan ke­sucian hati.

Menjelang akhir Rama­dan, para ma­laikat turun ke bumi di sebuah malam yang disebut lailatul qadar untuk mengatur segala urusan. Lailatul qadar merupakan malam mulia yang diidam-­idamkan oleh orang mukmin, dan orang yang memperoleh lailatul qadar merupakan orang yang sangat berun­tung, karena malam tersebut lebih baik dari seribu bulan (±80 tahun), sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Al Qadr : 3-5

3.Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. 4.Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 5.Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Pada akhir-akhir bulan Ramadhan inilah akan terlihat, siapa yang benar-benar berpua­sa dengan iman dan mengha­rap ridha Allah dan siapa yang tidak. Siapa yang memanfaatkan Ramadhan dengan maksimal dan siapa yang tidak. Keadaan yang sering kita lihat di akhir Ramadhan adalah Jamaah shalat di masjid mulai berkurang, gema tadarus Quran juga mulai berkurang.

Maka sepertinya tidak salah, jika ada yang mengatakan, sepuluh hari akhir bulan Ramadhan adalah babak final, babak akhir menuju kemenangan. Jika kualitas ibadah diakhir ramadhan semakin meningkat, jumlah kegiatan ibadah diakhir ramadhan semakin bertambah, mudah-mudahan yang seperti itu termasuk orang-orang yang akan menuju kemenangan dan kesucian (fitri), menang dalam mengalahkan segala bentuk keinginan dan perbuatan yang dilarang.

Semoga di bulan Ramadan tahun ini kita semua dapat menggunakan waktu dan ke­sempatan dengan sebaik-baiknya. Semoga kita semua termasuk orang yang dipilih Allah sebagai para pemenang. Amin

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s