Bela Al Quran


index

ALLOH Swt. berfirman, “Dan Al Quran itu bukanlah perkataan seorang penyair, sedikit sekali kamu beriman kepadanya. Dan bukan pula perkataan tukang tenung, sedikit sekali kamu mengambil pelajaran daripadanya. Ia adalah wahyu yang diturunkan dari Tuhan semesta alam.” (QS. Al Haaqoh [69] : 41-43)

Al Quran adalah firman Alloh Swt., oleh karena itu setiap orang yang beriman kepada Alloh dan kitab-Nya akan sangat tersinggung dan terluka hatinya manakala Al Quran dilecehkan. Dan, menjadi hal yang sangat wajar jikalau umat Islam bereaksi seperti kejadian tempo hari.

Bagi kita umat Islam, kegiatan beberapa waktu yang lalu hanyalah salah satu cara saja dari sekian banyak cara kita membela Al Quran. Karena ternyata dari kejadian tersebut ada hikmah yang sangat besar bagi kita yaitu semakin banyak di antara kita yang membuka Al Quran hingga terjemah bahkan hingga tafsirnya. Semakin banyak diskusi kita mengenai ayat Al Quran dan nilai yang terkandung didalamnya. Maasyaa Alloh!

Sehingga saudaraku, ada hal yang jauh lebih besar yang penting sekali kita perbuat setelah kejadian kemarin, yaitu bagaimana kita umat Islam benar-benar mencintai kitab sucinya, membacanya, memahaminya, menghafalkannya, mengamalkannya dan mengajarkannya. Jangan sampai ada orang yang berbeda akidahnya dengan kita akan tetapi leluasa saja berbicara mengenai Al Quran, sedangkan kita bingung harus memberi respon seperti apa. Jangan sampai ada orang yang akidahnya di luar kita lebih fasih mengomentari Al Quran, sedangkan kita membacanya saja jarang apalagi memahaminya dan mengamalkannya.

Mari kita bertekad untuk tidak hanya fokus pada penista Al Quran saja, tidak hanya fokus pada sisi emosional dan rasa tersinggung saja. Akan tetapi mari kita lebih fokus pada perbaikan diri kita. Boleh jadi masih banyak dari umat ini yang masih buta Al Quran, belum bisa membacanya apalagi memahaminya. Mari kita jadikan momentum kemarin sebagai momentum kita kembali kepada Al Quran, lebih mencintainya dengan mengakrabi, memahami, dan mengamalkan Al Quran. Demikianlah pembelaan yang sejati terhadap Al Quran. []

Sumber: https://www.facebook.com/KH.Abdullah.Gymnastiar/?hc_ref=NEWSFEED&fref=nf

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: