ANALISIS INTEGRASI EKONOMI DI PASAR MODAL KAWASAN NEGARA ASEAN DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN


Sejak tahun 1967, negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) melakukan perhimpunan kerjasama. Perhimpunan negara-negara tersebut ada awalnya merupakan kerjasama bidang politik, namun kerjasama tersebut berkembang menjadi lebih luas, termasuk kerjasama dalam bidang ekonomi.

Perkembangan kerjasama dalam bidang ekonomi bermula dari konsep Preferential Trade Arrangement (PTA) setelah itu berubah menjadi Free Trade Area (FTA). Perubahan terakhir kerjasama ASEAN menjadi pembentukan ASEAN Economic Community (AEC). Konsep ini dipertegas dalam KTT ASEAN Oktober 2003 di Bali dalam Deklarasi ASEAN Concord II (Bali Concord II).

ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah perwujudan dari hasil pemikiran negara anggota ASEAN sebagai kawasan yang makmur dan memiliki daya saing tinggi. Pembentukan MEA pada tahun 2015 berfungsi sebagai wilayah basis produksi dan pasar tunggal. Program MEA meliputi kebebasan aliran barang, tenaga kerja, aliran modal, juga bertujuan dalam rangka mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial ekonomi.

Pencapaian target MEA agar dapat terwujud, maka dilakukan pertemuan pada bulan Agustus 2003 untuk tingkat menteri keuangan negara-negara ASEAN, di Filipina. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan tentang Roadmap Integrasi ASEAN (RIA) bidang finansial (RIA-Fin) yang mencakup 4 bidang, yaitu, pertama: pengembangan pasar modal, kedua: liberalisasi neraca modal, ketiga: liberalisasi jasa keuangan, dan keempat: kerja sama nilai tukar. Kesepakatan konsep Roadmap kerjasama pasar modal tersebut diwujudkan dalam rangka membentuk kerjasama pasar modal yang saling terkait karena terintegrasi, meningkatkan perdagangan intra kawasan dan memperdalam integrasi ekonomi regional.

Pasar modal ASEAN yang terintegrasi, akan meningkatkan perannya dalam peningkatan pembangunan ekonomi negara-negara ASEAN. Liaw (2005) mengatakan, peran pasar modal ini penting, karena pasar modal merupakan sumber pendanaan jangka panjang bagi korporasi dan untuk memperoleh tambahan nilai keuntungan bagi investor. Bursa-bursa saham yang terintegrasi akan memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan modal secara efisien. Sedangkan bagi para investor dapat menanamkan modalnya pada sekuritas atau investasi portofolio.

 

Sampai saat ini, antar negara ASEAN masih terdapat perbedaan-perbedaan regulatory (peraturan). Kurangnya kerangka kerja peraturan bersama antar negara merupakan faktor yang dapat menghambat realisasi rencana ini. Maka keinginan memiliki pasar modal tunggal di kawasan ASEAN sampai batas akhir 2015, perlu dilakukan pembuatan kebijakan yang mengatur perpajakan, perlindungan investor dan penyelesaian sengketa. Setiap negara harus memprioritaskan dan mensikronkan program negaranya masing-masing, integrasi harus dilakukan para pemangku kepentingan, setiap negara harus berusaha meningkatkan likuditas di pasar ASEAN.

 

Masalah integrasi pasar saham negara-negara ASEAN merupakan sangat penting. Tingkat kepentinganya menjadi tema kajian yang menarik untuk diteliti, mengingat penerapan pasar tunggal dalam perekonomian kian tinggal menghitung hari, sehingga akan lebih menarik dan perlu untuk mengetahui serta membuktikan apakah pasar modal di kawasan negara anggota ASEAN, khususnya Indonesia, Malaysia, Philipina, Singapura dan Thailand sudah terintegrasi, ataukah masih tersegmentasi. Selain itu perlu juga diketahui dan dibuktikan bentuk integrasi yang terjadi: apakah pasar modal hanya mempengaruhi pasar modal yang lain? atau hanya dipengaruhi oleh pasar modal yang lain, atau selain mempengaruhi juga dipengaruhi oleh pasar modal yang lain dalam satu kawasan?

#Rencana Proposal Disertasi Manajemen Keuangan

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: