CIRI PROFESIONAL, TERAPKAN MANAJEMEN KERJA SKALA PRIORITAS


Prioritas,

Tumpukan pekerjaan terkadang datang bersamaan, akhirnya harus difikirkan dan diputuskan mana yang harus didahulukan. Apalagi deadline atau batas waktu pengerjaannya berdekatan.

Mengatur prioritas kerja adalah jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh pekerja profesional. Keahlian ini harus dimiliki oleh pekerja yang berada di semua level dari staf, manajer sampai ke direktur atau pimpinan sekalipun.

Hambatan yang pasti dihadapi apabila prioritas tidak diterapkan di dunia kerja, pekerjaan mungkin menjadi terasa berat, karena banyak yang harus diselesaikan. Konsentrasi semakin tidak fokus, tak satupun pekerjaan selesai dengan baik. Masalah lain muncul, berkisar dari kurang percaya diri akibat pekerjaan yang kurang memuaskan. Bahkan akumulasinya bisa menyebabkan stres dan performa menjadi semakin tidak produktif.

Produktifitas dan profesionalisme pelam pekerjaan bisa terwujud, jika bisa membagi waktu dan memprioritaskan pekerjaannya. Yakin dengan kemampuan diri sendiri, dan berani mencoba hal atau tantangan baru. Fokus bekerja akan membuat kita menjadi lebih produktif serta dapat mengurangi beban stress. Kemudian manajemen waktu membuat karyawan akan bisa bekerja dengan lebih efektif.

Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia skala prioritas tercantum dalam penjaminan mutu perusahaan seperti ISO atau standar operasional perusahaan.

Berikut ini tips langkah untuk mendapatkan prioritas:

Pertama – Tuliskan seluruh kegiatan dan tugas-tugas pada hari ini

Buat daftar yang ingin dilakukan pada hari ini, bersama dengan batas waktu yang dimiliki. Jangan hanya mengandalkan ingatan – tulis di atas kertas

Kedua – Berikan nilai “pengaruh” untuk setiap tugas atau kegiatan yang ditulis diatas

Gunakanlah skala 1 sampai 10, dimana nilai 1 artinya kegiatan / tugas tersebut “ tidak penting “, dan 10 artinya “sangat penting”

Ketiga – Kelompokan menurut urutan “kepentingannya”

Tentukanlah prioritas “ A “ untuk tugas-tugas dengan nilai di atas 7 ; prioritas “ B “ untuk nilai – nilai antara 4 sampai 6 ; dan prioritas “ C “ untuk nilai di bawah 3.

Prioritas..

Manajemen waktu berdasarkan skala prioritas, pelaksanaan pekerjaan didahulukan berdasarkan skala prioritas. Skala prioritas mendahulukan pekerjaan yang penting dan mendesak, dilanjutkan dengan pekerjaan penting dan tidak mendesak, kemudian pekerjaan yang mendesak meski belum terlalu penting, dan terakhir adalah pekerjaan yang tidak penting dan tidak mendesak.

  1. Mendesak dan Penting: Tipe pekerjaan penting dan mendesak harus di utamakan penyelesaiannya lebih dahulu. Tugas tersebut tidak dapat ditunda-tunda lagi. Kegiatan yang termasuk dalam kelompok ini merupakan hal penting dan harus dilakukan, tidak bisa ditunda pada lain waktu.
  1. Penting:Tipe pekerjaan dengan prioritas ini harus disikapi dengan menjadwalkan pekerjaan dengan cermat. Jangan sampai pekerjaan penting diabaikan sehingga pekerjaan ini menjadi pekerjaan mendesak dan penting. Sebaiknya gunakan waktu produktif untuk menyelesaikan pekerjaan ini.
  1. Mendesak dan Tidak Penting: Pekerjaan ini terkadang datang dari orang di luar lingkungan kerja. Hal ini bisa saja mengganggu waktu produktif bekerja.

Kegiatan-kegiatan dalam kelompok ini merupakan kegiatan tidak penting namun terpaksa harus dilakukan. Seperti contoh menerima tamu, menemani teman, dan lain sebagainya. Umumnya pekerjaan ini tanpa direncanakan dan sulit dihindari.

Kebiasaan bekerja pada kelompok seperti ini akan membuat seseorang menjadi kurang disiplin, prestasi rendah, tidak memiliki tujuan jelas dalam pekerjaan, karena selalu berusaha menyenangkan orang lain.

  1. Tidak Mendesak dan Tidak Penting: Kegiatan dalam kelompok ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara berlebihan dan berakibat tingkat kepentingannya rendah.

Diskusikan pendapat (sebagai penerima tugas) dengan atasan (si pemberi tugas) dan mintalah saran-saran mengenai prioritas waktu yang telah disusun. Tujuannya: Supaya kedua belah pihak memiliki prioritas kerja yang sama pada hari itu.

Prioritas

Sumber:

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: