Mindset dan sikap menjadi kunci kesuksesan seseorang


Motivator dan pengarang buku asal Amerika, Earl Nightingale, mengatakan kita bisa menjadi apa yang kita pikirkan bukan hal yang salah. Ini mengingat apa yang ada di otak manusia sungguh luar biasa. Di mana memiliki mindset dan sikap yang tepat berulang kali terbukti menjadi kunci kesuksesan seseorang.

Masalahnya, hidup kita akan sangat mudah terpengaruh oleh situasi apapun. Akan selalu ada orang dan keadaan yang membuat kita merasa kecil hati dan mampu menghambat target untuk bisa sukses.

Namun jangan berkecil hati, masih ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika ingin sukses. Berikut beberapa hal tersebut melansir laman Lifehack, Senin (16/2/2015).

1. Berhenti mengharapkan kesempurnaan

Sering kali, kita frustasi ketika apa yang dikerjakan tidak berjalan seperti seharusnya. Bahkan sampai hal-hal kecil membuat pusing. Ketahui lah kesalahan dan penolakan adalah bagian dari hidup. Saat anda gagal, cari metode baru dan coba lagi.

2. Berhenti bilang iya saat ingin berkata tidak

Penting untuk mengetahui batas kemampuan. Sayangnya, manusia punya kecenderungan untuk selalu berusaha menyenangkan orang lain. Akibatnya, Anda rugi sendiri karena waktu terbuang percuma. Belajar bilang “tidak” dan memprioritaskan diri penting dalam mencapai target.

3. Berhenti bicara buruk tentang diri sendiri

Tanpa kita sadari, kita sering susah move on dari kesalahan atau kejadian buruk yang terjadi di masa lalu. Dalam pikiran, kita berbicara kesalahan itu terjadi karena kita orang yang payah. Berpikir seperti itu sebetulnya kontra-produktif. Jadikan saja kesalahan itu sebagai pelajaran dan move on.

4. Berhenti berfokus pada hari ini saja

Orang-orang sukses selalu punya rencana untuk ke depan. Mereka merencanakan hari ini terkait target, budget dan tabungan. Tapi bukan berarti mereka tidak bersenang-senang. Mulai pikirkan apa yang Anda inginkan 10 sampai 15 tahun mendatang.

5. Berhenti mengacuhkan target

Jika telah memiliki target jangan berusaha menggapainya, jangan menyerah dalam memenuhi target.

6. Berhenti mengasingkan diri dari orang lain

Orang-orang sukses mengerti bahwa mereka butuh hobi, relaksasi dan keluarga. Ada impresi bahwa orang-orang sukses tidak punya waktu luang. Dalam beberapa kasus hal itu benar, tapi tidak selalu.

Mereka tidak menjauh dari orang-orang yang mereka sayangi karena target mereka, sebaliknya, mereka mengkorporasikan orang-orang tersayang ke dalam target dan hobi mereka.

7. Berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Orang-orang sukses fokus pada diri mereka sendiri. Walaupun mereka menganalisa kekurangan dan bisa dengan tulus mengagumi orang-orang hebat.

http://www.viva.co.id

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: