Investasi


Investasi untuk Masa Depan Anak

Motivasi

Telah memiliki keluarga dan anak selalu membutuhkan pemikiran yang lebih matang untuk memutuskan apa investasi untuk masa depan anak yang terbaik. Saat ini bukan lagi menjadi hal yang aneh apabila kedua orang tua bekerja untuk menambah penghasilan keluarga dan untuk membiayai sekolah anak-anaknya. Ini telah menjadi tanggung jawab bersama karena banyak tantangan yang bisa terjadi ketika membesarkan anak. Ibu semakin berkontribusi terhadap pendapatan rumah tangga, meningkatkan peran mereka sebagai pembuat keputusan bersama.

Bahkan dari sejak si anak belum lahir pun, beberapa orang tua telah mulai mempersiapkan diri baik secara mental mau pun secara finansial. Dengan demikian, di saat keadaan lagi sulit kehidupan anak-anak nantinya tetap bisa lebih terjamin. Orang tua mulai merencanakan keuangan masa depan anak-anak mereka dan mulai fokus terhadap yang mana lebih pioritas dalam melakukan perencanaan keuangan termasuk dalam melakukan investasi. Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari investasi, biasanya selalu dianjurkan untuk memulai perencanaan masa depan anak pada saat anak masih berusia 3-9 tahun. Yang sering menjadi pertanyaan adalah investasi apa yang paling tepat untuk diambil??

Dilema untuk kebanyakan orang tua adalah bagaimana untuk memilih instrumen terbaik untuk perencanaan keuangan bagi anak-anak mereka. Ada berbagai pilihan yang membingungkan yang tersedia hari ini. Bentuk investasi yang beragam juga pasti akan memberikan hasil keuntungan yang beragam pula. Walaupun semua orang ingin investasi yang dilakukannya meraih keuntungan yang besar, tapi perlu juga diketahui bahwa tidak semua investasi bisa memberikan keuntungan. Bila Anda ingin melakukan investasi untuk masa depan anak, maka pilihan investasi yang terbaik mungkin investasi yang berjangka waktu panjang.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih rencana investasi yang tepat untuk anak Anda:

Pilih rencana investasi yang berlaku untuk jangka panjang

Berhubung investasi yang ingin Anda ambil adalah untuk masa depan anak; maka sebaiknya pilih rencana investasi yang memiliki periode waktu untuk jangka panjang. Berbagai program investasi biasanya menyediakan pilihan untuk periode jangka waktu panjang seperti asuransi atau tabungan yang memiliki manfaat terstruktur untuk masa depan anak hingga mereka berusia 18 tahun. Pembayaran pun bisa dilakukan secara bertahap oleh para orang tua. Bahkan bila dana yang dimiliki terbatas, Anda masih bisa mengatur berapa persen uang yang harus Anda sisihkan untuk ditabung.

Pilih rencana yang menawarkan campuran pilihan investasi

Adanya campuran investasi bisa dilakukan dengan memilih antara gabungan asuransi dan juga investasi. Setidaknya ini juga dapat menjadi penutup atas resiko yang timbul. Pada saat Anda berinvestasi untuk anak, jenis pilihan ini akan menawarkan campuran yang seimbang untuk mengcover kesehatan anak dan juga rencana investasi jangka panjang Anda.

Baca brosur produk dan pahami syarat dan ketentuan

Ini salah satu tindakan yang sangat jarang dilakukan orang secara teliti. Pada saat memilih produk investasi sebaiknya bacalah syarat dan ketentuannya dengan lebih teliti, termasuk biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Bandingkan produk yang tersedia di pasar pada biaya mereka, reputasi perusahaan, klaim penyelesaian, fleksibilitas yang ditawarkan dan persepsi mereka dalam kualitas layananan.

Tidak ada di dunia ini yang akan membuat Anda lebih bahagia daripada anak Anda berada dalam zona yang aman dan bisa sukses. Oleh karena itu, sangat penting untuk memulai perencanaan untuk mengamankan masa depan keuangan anak.

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: