Manajemen Hati & Fikiran


Manajemen Hati

Oleh: Emy Firstiarina S Com

Banyak orang berkeyakinan bahwa Sholat dapat mencegah mungkar dan nakir. Tapi sadarkah kita bahwa kita sudah dapat mencegahnya meskipun kita rajin sholat dan khusu’? Kita masih sering marah kepada suami/istri, mengeluh akan rejeki sedikit yang kita dapat, membalas hinaan orang terhadap kita, dan lain sebagainya.

Apakah dengan begitu Allah tidak menghukum kita di akhirat dengan sikap di atas? Apakah tidak sholat tapi hati seperti malaikat Allah juga menghukum kita? Tidak ada yang akan hal itu. Yang tau hanyalah Allah sendiri.

Hati..!! ya kuncinya hati. Sabar menghadapi cobaan, selalu bersyukur atas rejeki yang kita dapat, tidak pernah mengeluh akan sulitnya menjalani hidup, tidak pernah sakit hati atas hinaan orang lain, tidak pernah membicarakan kejelekan orang lain, yakin kepada Tuhan bahwa Dia adalah teman terbaik kita dalam suka dan duka, InsyaAllah kita akan mendapat tempat mulia dan diangkat derajat olehNya.
Hidup di dunia kuncinya hanya satu jika ingin selamat di akhirat. pasrah dengan segala ketentuanNya dan menghadapinya dengan penuh syukur.

Mengatur hati adalah pekerjaan yang sulit. Tapi hati adalah kunci kehidupan manusia. Hati yang ikhlas tercermin dari sikap dan tingkah laku manusia terhadap sesama, tidak ada emosi, iri hati, rasa jengkel, dan amarah, apapun yang dihadapi. Sholat adalah salah satu ibadah wajib kita yang bertujuan menghindari perbuatan mungkar dan nakir. Setiap manusia berpandangan bahwa rajin sholat akan masuk surga, tetapi setiap manusia pula tidak sadar bahwa manusia juga sering mengalami sakit hati, ada sedikit atau banyak rasa iri hati, mudah tersinggung, membicarakan kejelekan orang lain, mudah emosi, dan ada rasa dendam. Akankah kondisi seperti itu kita dijamin masuk surga meski rajin sholat?. Jawabnya belum tentu dan tak ada yang tahu persis apa pembalasan Tuhan terhadap perbuatan kita. Dan apakah jika kita tidak sholat tapi hati bersih, ikhlas, dijaminkah juga kita masuk surga? Juga tidak ada yang tahu. Semua hanya bisa kita pasrahkan kepada Tuhan.

Namun inti dari sholat adalah ajaran tentang keikhlasan, kesabaran, saling berbuat baik sesama manusia, tidak ada dendam, dan penyakit hati lainnya. Hati adalah kunci dari kebaikan semua, di berbagai kehidupan baik kehidupan rumah tangga, kehidupan bertetangga, kehidupan dalam lingkungan pekerjaan kita. Jika hati sudah dapat kita kelola dengan baik, InsyaAllah sudah sama dengan sholat. Sholat yang diiringi dengan berbagai penyakit hati, tentunya sholat kita sia-sia. Ikhlaslah berbuat amal kebaikan dan niatkan setiap aktifitas kita adalah semata-mata karena untuk mendapatkan ridho Allah. Indahnya hidup di dunia jika kita bekerja karena Allah, kita mengurus anak dan melayani suami karena Allah, bekerjasama tim dalam bekerja di kantor karena Allah, pasti kesulitan yang kita hadapi dalam pekerjaan kita maupun segala aktifitas kita akan dengan mudah mendapat jalan keluarnya dan lingkungan alam di sekitar kita akan mendukung kita.

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: