Strategi Tepat untuk Karir Melesat


Tentukan tujuan yang ingin dicapai, dan susun strategi untuk meraihnya.

Kamis, 15 Maret 2012, 11:43 WIB

Wuri Handayani

 

 

VIVAnews– Konsistensi dalam menjalankan karir memang sangat diperlukan. Tetapi bagaimana jika dalam beberapa tahun terakhir anda masih tetap dalam posisi yang sama. Ini saatnya untuk merubah diri dengan cara-cara pintar agar Anda dapat menaiki tangga karir dengan cepat. Seperti di tulis Marie Claire, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan apa yang Anda impikan.

– Bergaya bos
Cobalah mengadopsi karakter  para atasan Anda, mereka dapat menduduki posisi tersebut karena bekerja keras tanpa perhitungan. Bob Calandra, salah satu penulis buku How to Keep Your Job in a Tough Competitive Market menyarankan pada Anda untuk mengatakan hal ini kepada diri Anda sendiri “Saya tidak bekerja untuk tujuan memperlancar promosi jabatan, saya hanya bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan atasan dengan sebaik mungkin. Saat mendapatkan kesulitan, saya akan terus mencari solusi untuk dapat menyelesaikan tugas sehingga atasan tidak kecewa.”

Cara ini sangat efektif, ketika Anda menyelesaikan tugas tanpa memikirkan promosi yang akan didapatkan, Anda dapat bekerja lebih maksimal karena merasa tidak ada beban.

– Cari tahu standar gaji
Kemampuan Anda memiliki nilai jual tersendiri sesuai dengan bidang yang dikerjakan. Ada baiknya, sebelum memasuki perusahaan atau instansi yang baru, Anda mencari tahu terlebih dahulu berapa gaji standar untuk bidang pekerjaan dan posisi yang yang sudah menjadi incaran. Anda juga boleh membandingkan upah yang diberikan dari beberapa perusahaan sejenis.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari menurunnya produktifitas kerja karena Anda merasa mendapatkan upah yang tidak sebanding dengan tanggung jawab pekerjaan. Atau jika ini terlanjur terjadi, dari pada terus mengeluhkan masalah yang sama, lebih baik Anda segera mencari pekerjaan baru.

– Menerima tawaran pendidikan
Pendidikan yang lebih tentu saja akan mendapatkan poin lebih untuk penilaian terhadap diri Anda. Nah, jangan pernah menolak tawaran pendidikan atau bahkan hanya seminar yang ditawarkan oleh perusahaan. Mereka pasti memiliki pertimbangan dan alasan untuk mengirim Anda.

Apalagi jika perusahaan mengirimkan ke sekolah di luar negeri. Ini keuntungan ganda, anggap saja ini kesempatan langka Anda untuk sekolah tanpa mengeluarkan biaya,  sembari menikmati dan mempelajari budaya luar.

– Miliki bargaining power
Dalam suatu profesi pekerjaan, Anda bertindak juga sebagai tenaga marketing untuk diri Anda sendiri. Untuk itu, Anda harus pintar menjual kemampuan pada perusahaan yang mulai melirik. Jangan ragu mengajukan nilai yang tinggi jika Anda merasa layak untuk mendapatkannya. Ini adalah momen yang paling penting yang melancarkan cita- cita yang diinginkan.

– Pilih perusahaan tangguh
Jika Anda termasuk pribadi yang memiliki ambisi tinggi, cari wadah yang tepat untuk diri Anda. Perusahaan-perusahaan  besar dapat dicoba untuk menguji kemampuan yang dimiliki. Atau perusahaan yang bergerak dalam sektor langka di Indonesia, sedikitnya jumlah perusahaan akan memaksa Anda untuk terus mengeksplorasi kemampuan.

Segeralah mengambil ancang- ancang untuk mencari tempat kerja yang baru jika Anda sudah mengetahui isu internal yang tidak sedap, misalnya saja menurunnya jumlah produksi atau ancaman gulung tikar.

– Abaikan gosip
Dalam lingkungan kerja dengan rekan kerja yang heterogen, Anda tidak dapat memaksakan orang lain untuk berpikir yang sama atau bekerja sesuai dengan yang Anda lakukan. Banyak hal yang menjadi bahan pertentangan, baik itu masalah pribadi atau urusan pekerjaan.

Terkadang ini memang sangat mengganggu, tetapi dari pada Anda terus membuang energi untuk masalah seperti ini, lebih baik tetap fokuskan diri pada produktifitas pekerjaan.

– Katakana “ya” untuk tugas
Saat diberikan penugasan dari atasan, terima dengan senang hati. Kemudian pikirkan bagaimana cara menyelesaikannya. Jika menemui kesulitan, coba lakukan diskusi ringan dengan atasan untuk sekedar bertanya atau meminta nasehat bagaimana cara mengatasi kendala tersebut.  Tidak ada hal yang tidak dapat Anda selesaikan sebelum Anda mencobanya.

– Tentukan tujuan
Apa yang menjadi tujuan hidup, hanya Anda yang tahu. Untuk itu jujurlah pada diri sendiri mengenai apa yang sebenarnya ingin Anda dapatkan dalam pekerjaan ini. Apakah posisi penting dalam karir, atau hanya menjadi karyawan saja. Baru kemudian pikirkan strategi untuk meraihnya.

Atau justru Anda sebenarnya bercita-cita menjadi entrepreneur, yang artinya “silahkan melangkah melalui pintu keluar”. (eh)

• VIVAnews

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: