Cara Belajar Efektif


Beberapa tips mengenai cara belajar yang efektif seperti dikutip dari Collegecures, Rabu (23/11/2011):

1. Sedikit belajar tapi mulai lebih awal
Rencanakan rutinitas belajarmu dan jadwal kegiatanmu dalam bersosialisasi. Dengan mulai mencicil materi kuliah sejak awal tidak perlu membuatmu belajar dalam porsi besar karena minimnya waktu. Hal ini akan meluangkan waktumu untuk bersantai serta meminimalkan rasa stres.

2. Memiliki sesi belajar intensif
Jika kamu adalah orang yang mampu mengatasi tekanan tapi tidak memiliki kesabaran untuk duduk berlama-lama sambil membaca buku atau catatan, cobalah menggunakan jam belajar intensif. Rencanakan untuk menyelesaikan satu bab atau sebagian bab setiap jam, namun pastikan kamu memahami benar mengenai bab tersebut.

3. Hindari belajar ketika akhir pekan
Jadikan akhir pekan sebagai waktu untuk melepas penat dengan menghabiskan waktu bersama teman atau orang-orang terdekat. Sebagai gantinya, maksimalkan belajar sepanjang Senin-Jumat dengan porsi yang sesuai kemampuanmu.

4. Perhatikan dengan baik saat dosen mengajar
Alasan pertama mengapa kamu harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin menjelang UAS terjadi, karena kamu tidak menyimak dengan baik ketika dosen memberikan materi perkuliahan. Jika kamu bisa fokus memperhatikan materi yang diberikan, maka waktu belajarmu menjelang ujian akan semakin singkat. Sebab, sebagian besar materi tersebut telah terekam di kepalamu.

5. Patuhi semua rencana yang telah ditetapkan
Melenceng dari jadwal yang telah kamu tetapkan akan membuat segalanya berantakan. Adanya jadwal membantumu tetap fokus antara akademis dan kehidupan sosial.

sumber: kampus.okezone.com

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: